1.605 KEPALA DESA HADIRI SOSIALISASI SERENTAK OLEH TP4D DI 10 KEJAKSAAN NEGERI SE-RIAU TENTANG DANA DESA

PEKANBARU—HUMAS  Pada hari Kamis 24 Agustus 2017 Kejaksaan R.I. melaksanakan kegiatan  Sosialisasi serentak terkait Pengelolaan Dana Desa tahun 2017 di seluruh wilayah Kejaksaan Negeri Se-Indonesia. Sosialisasi serentak tersebut merupakan wujud tanggung jawab mulia Insan Adhyaksa dalam rangka mensukseskan Program Nawacita Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yaitu turut membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa serta menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum.

Kepala Kejaksaan Tinggi Riau UUNG ABDUL SYAKUR, S.H. M.H. menyatakan bahwa Kegiatan sosialisasi serentak oleh TP4D yang pelaksanaannya di 10 Kejaksaan Negeri yang diikuti oleh 1.605 Kepala Desa dengan total peserta 2.487 peserta yang terdiri dari Badan  Permusyawaratan Desa (BPD), Camat, BPMPD dan masyarakat yang antusias ingin ikut berperan dalam pengawalan Dana Desa tersebut. Untuk tahun anggaran 2017 Pemerintah Pusat mengalokasikan anggaran sebesar Rp.1,269 T dalam APBN sebagai Alokasi Dana Desa untuk Propinsi Riau.

Menyadari besarnya nilai Dana Desa tersebut maka Kejaksaan merasa memiliki tanggung jawab untuk melakukan edukasi kepada Kepala Desa dan perangkat desa lainnya terkait dengan penyerapan, pengelolaan dan pertanggung jawaban dana desa sehingga diharapkan dapat meminimalisir penyimpangan yang mengarah kepada terjadinya tindak pidana. Tindakan preventif atau pencegahan dilaksanakan oleh TP4D masing-masing Kejaksaan Negeri dalam bentuk pengawalan dan pengamanan dipandang sebagai langkah terbaik agar tujuan Pemerintah untuk memperkuat kemandirian desa dalam membangun perekonomian dapat terwujud.

Dalam kegiatan sosialisasi ini Kepala Desa akan mendapatkan pembelajaran yang positif dan pengetahuan yang benar terkait dengan bagaimana memanfaatkan dana desa untuk membangun desanya masing-masing sesuai dengan aturan hukum baik dalam pengelolaan maupun pertanggungjawabannya.

Sebagaimana diketahui Kejaksaan sejak tahun 2015 telah membentuk instrumen Tim Pengawalan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan yang disingkat dengan TP4 baik ditingkat pusat (Kejaksaan Agung RI) maupun daerah (Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri). TP4 dikelola oleh Bidang Intelijen memiliki peran penting melakukan kegiatan pencegahan terjadinya pelanggaran hukum termasuk dalam pengelolaan dana desa. Keberadaan TP4 didaerah diharapkan dapat dimanfaatkan oleh seluruh stakeholder Pemerintah baik di pusat maupun didaerah dalam rangka melaksanakan kegiatan pembangunan dan pengelolaan anggaran.

Momentum kegiatan sosialisasi dana desa di Kejaksaan Negeri se-Riau tersebut dengan mengambil tagline JAKSA MENGAWAL DESA MEMBANGUN merupakan langkah awal dalam rangka mencapai tujuan akhir yaitu suksesnya pengelolaan dana desa tahun 2017 di seluruh Desa se Provinsi Riau. Kegiatan sosialisasi dimaksud dapat menjadi motivasi untuk terus berkarya mengawal pembangunan dengan lebih mengedepankan upaya pencegahan sebagai implementasi tugas dan fungsi penegakan hokum institusi Kejaksaan. Dengan tekad 1 SIKAP 1 HATI 1 TUJUAN UNTUK NEGERI Kejaksaan siap mengawal program dana desa demi terciptanya kemandirian dan penguatan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat desa.

DOKUMENTASI KEGIATAN

Kejari Kuantan Singingi :

 

Kejari Indra Giri Hulu :

Kejari Rokan Hulu :

Kejari Kampar :

Kejari Pelalawan :

Kejari Rokan Hilir :


Kejari Kepulauan Meranti :

 

Kejari Siak  :


Kejari Bengkalis :


Kejari Indra Giri Hilir :

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "1.605 KEPALA DESA HADIRI SOSIALISASI SERENTAK OLEH TP4D DI 10 KEJAKSAAN NEGERI SE-RIAU TENTANG DANA DESA"